Bawaslu Sanggau

Webinar : Series Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol

Webinar : Series Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol

SANGGAU – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sanggau menyelengarakan Webinar yang di inisiasi Kordiv SDMO Saparudin, “Persiapan Pengawasan Tahapan Program, dan Jadwal menuju Pemilu Serentak tahun 2024” dengan tema : Series Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol, dilaksanakan secara daring via zoom meeting. Rabu, (14/7/2021).

Kegiatan dibuka oleh ketua Bawaslu Sanggau Alipius, dan pengantar dari Anggota Bawaslu Sanggau Saparudin, sebagai leading sector dalam webinar ini. Dalam webinar ini menghadirkan dua narasumber dari Bawaslu Sanggau dan KPU Sanggau.

Lebih lanjut Anggota KPU Sanggau Iis Supianto, dalam paparannya menjelaskan terkait verifikasi keanggotaan partai politik. Yang mana didalamnya terdapat beberapa mekanisme: pertama verifikasi parpol calon  peserta pemilu, kedua verifikasi dokumen persyaratan, ketiga verifikasi kepengurusan parpol tingkat kab/kota serta metode dan verifikasi sampel.  

Selain itu Anggota Bawaslu Sanggau Ahmad Zaini, yang juga sebagai narasumber dalam paparannya, menyampaikan pengawasan dalam perspektif kewenangan. Dalam perspektif pengawasan Zaini sapaaan akrabnya “menegaskan bahwa straegi Bawaslu dalam pengawasan disampaikan ada dua hal yakni, pencegahan dan penindakan”, “ucapnya.

Komentar