Bawaslu Sanggau

Coaching Clinic : Teknik Penyusunan Formulir Model A Pengawasan

Coaching Clinic : Teknik Penyusunan Formulir Model A Pengawasan

SANGGAU – Formulir Model A merupakan alat kerja pengawasan Bawaslu dalam setiap melakukan pengawasan tahapan Pemilu maupun Pilkada. Dalam kesempatan ini Bawaslu Sanggau selenggarakan kegiatan “Teknik Penyusunan Formulir Model A Pengawasan”. Rabu, (7/7/2021).


Sebagai reviewers dalam kegiatan ini anggota Bawaslu Provinsi Bapak Faisal Riza dan Mohamad, Bawaslu Sanggau melalui staf membuat sebuah form A berdasarkan pengawasan langsung, 
Kemudian dipresentasikan dalam forum coaching clinic, yang selanjutkan dibahas apa saja yang menjadi kekurangan sehingga menjadi evaluasi dalam pembuatan form A.  

Form A merupakan dokumen penting dalam pengawasan, bukan alat kerja pengawasan (AKP).
Dalam pandangannya reviewers menyampaikan pembuatan form A, sebagai fakta pengawasan dilapangan, sehingga menjadi titik balik politik pengawasan ketika ditemukan dugaan pelanggaran. Dari sisi penindakan form A dijadikan sebagai informasi awal ketika ditemukan dugaan pelanggaran dalam pengawasan dan menjadi titik kulminasi dalam menemukan dugaan pelanggaran. Menjadi dasar untuk diplenokan dalam penanganan pelanggaran.

Komentar