Bawaslu Sanggau

Webinar: Penguatan Demokrasi Lintas Agama Dalam Pencegahan Pelanggaran Pemilu

Webinar: Penguatan Demokrasi Lintas Agama Dalam Pencegahan Pelanggaran Pemilu

Sanggau, 4 April 2022 Bawaslu Sanggau menyelenggarakan kegiatan webinar dengan mengangkat tema Penguatan Demokrasi Lintas Agama Dalam Rangka Pencegahan Pelanggaran Pemilu.

Webinar ini menghadirkan ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Barat Ismail Ruslan sebagai narasumber.

"Hari ini intoleransi dan kekerasan atas nama agama sedang terjadi. Tapi di Kalbar angka toleransi di tahun 2020 77,61% dan di tahun 2021 naik menjadi 81,03% seperti di Bali dan Papua", papar Ismail.

Ismail pun menambahkan FKUB Kabupaten Sanggau cukup toleran. Lebih lanjut disampaikan dalam kesempatan yang sama "FKUB siap bantu penyelenggara pemilu. Siapa pun yang maju pemilu tidak pakai isu agama dan SARA".

Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah selaku keynote speaker juga menyampaikan dalam webinar, "Masa pemilu kita (Bawaslu) harus bekerjasama dengan para stakeholder, tokoh-tokoh agama, budaya, adat, ormas dan kaum muda, termasuk rumah-rumah ibadah juga. Tokoh agama harus mendeklarasikan untuk mencegah radikalisme dan politisasi SARA. Ya menyampaikan pesan yang menyejukan umat lah".

Komentar