Bawaslu Sanggau

Webinar: Aksesibilitas dan Partisipasi Pemilih Penyandang Disabilitas Dalam Pemilu dan Pemilihan 2024

Webinar: Aksesibilitas dan Partisipasi Pemilih Penyandang Disabilitas Dalam Pemilu dan Pemilihan 2024

SANGGAU, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)  Kabupaten Sanggau melaksanakan Webinar mengangkat tema "Aksesibilitas dan Partisipasi Pemilih Penyandang Disabilitas Dalam Pemilu dan Pemilihan 2024". Yang diselenggarakan secara virtual. Kamis, (28/10/2021).

Dalam Webinar ini hadir pula anggota Bawaslu Kalbar Faisal Riza sebagai keynote speaker, disampaikan bahwa Bawaslu memandang isu penyandang disabilitas ini sangat krusial, karena teman-teman difabel ini sangat diperlukan terlibat dalam politik untuk pengawasan partisipasipatif,"ucapnya.

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber dari anggota KPU Sanggau Iis Supianto dan anggota Bawaslu Sanggau Fredy Nazri. 

Iis Supianto dalam paparannya menyampaikan bahwa penyandang disabilitas dalam hal ini adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, mental, intelektual dan/atau sensorik dalam jangka waktu yang lama,"jelasnya dalam Webinar ini. 

"Aksesibilitas dalam pemilu adalah suatu kondisi tatkala setiap warga negara bisa menggunakan hak politiknya (memilih, dipilih dan diangkat menjadi penyelanggara pemilu) secara langsung, umum, bebas, rahasia serta mandiri tanpa hambatan apapun".

Anggota Bawaslu Kabupaten Sanggau Fredy Nazri, dalam paparannya juga menyampaikan pentingnya hak politik yang sama dari disabilitas tetap terjaga tanpa ada hambatan, terlebih pada saat proses pencoblosan penyandang disabilitas mendapatkan akses memilih yang lebih nyaman dan terjangkau,"ucapnya. "memastikan bahwa penyelanggara pemilu baik Bawaslu dan KPU mengakomodir hak politik disabilitas

Komentar