Bawaslu Sanggau

Bawaslu Sanggau Injeh Ka' Sakolah Kecamatan Tayan Hilir

Bawaslu Sanggau Injeh Ka' Sakolah Kecamatan Tayan Hilir

Tayan Hilir, Selasa (18/02/2020), Tim Sosialisasi Kepemiluan dari Bawaslu Kabupaten Sanggau memberikan pendidikan kepemiluan kepada siswa-siswi di SMAN No. 1 Tayan Hilir. 

 

Kegiatan yang bertajuk " Bawaslu Injeh Ka' Sakolah" atau Bawaslu pergi ke sekolah ini diikuti oleh 64 orang siswa/siswi yang tergabung dari kelas 10 dan 12.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 10.00-11.45 WIB dengan pemateri yaitu Dominikus Lomon dan Hendy Ceu Adinata selaku tim fasilitator kegiatan.

Terlihat siswa-siswi sangat antusias mengikuti sesi tersebut. Mereka memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada pemateri seputar hak memilih dan bagaimana bila mereka ingin terlibat dalam pengawasan pemilu.

 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kelembagaan Bawaslu kepada para pelajar, di samping itu juga memberi bekal pemahapan kepada siswa-siswi di tingkat SMA tentang betapa pentingnya pemilu dan pengawasan kepemiluan. Mengingat mereka adalah calon pemilih pemula di masa mendatang maka sudah seharusnya mereka dipersiapkan untuk menjadi pemilih yang bijak dan cerdas. 

Isu-isu hoax, anti toleransi, radikalisme, sara dan money politics menjadi topik yang dibahas dalam kegiatan tersebut.

 

Kepala Sekolah SMAN No. 1 Tayan Hilir Supriadi, S.Pd., menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh Bawaslu Kabupaten Sanggau. Beliau mengatakan bahwa "Sudah tepat bahwa yang menyampaikan materi seputar kepemiluan adalah penyelenggara pemilu itu sendiri. Mereka lebih berpengalaman dan menguasai dibandingkan dengan guru-guru." Beliau juga menambahkan "Sebelumnya memang pernah ada yang memberikan materi kepemiluan, tapi terbatas hanya kepada mereka yang sudah berusia 17 tahun, kalau yang kepada calon begini belum pernah".

Ke depan kepala sekolah SMAN No. 1 Tayan Hilir tersebut berencana akan melibatkan penyelenggara pemilu dalam menyampaikan topik kepemiluan dalam mata pelajaran PKN. "Nanti Bawaslu bisa mengisi sesi itu. Ini kita akan pkirkan untuk jadi program ke depan," terang beliau.

Komentar